Hari yang Aneh untuk Dovizioso: Sempat Sakit dan Badan Lemas, tapi Juara

Hari yang Aneh untuk Dovizioso: Sempat Sakit dan Badan Lemas, tapi Juara

Hari yang Aneh untuk Dovizioso: Sempat Sakit dan Badan Lemas, tapi JuaraMugello - Andrea Dovizioso sempat sakit sebelum turun balapan di MotoGP Italia. Rider Ducati itu khawatir bakal tiba-tiba kehilangan daya dan tenaga di tengah balapan.

Dovizioso dilaporkan mengalami keracunan makanan di malam jelang balapan di sirkuit Mugello, Minggu (4/6/2017) malam WIB. Meski hasil kualifikasi menempatkan di posisi ketiga, tapi dia terbangun di hari balapan dengan badan lemas.

Dia bahkan tak berbuat banyak di sesi pemanasan yang berlangsung pagi. Meski sempat masuk lintasan, pebalap 31 tahun itu tak mencatatkan waktu kompetitif.

Tapi nyatanya di balapan Dovizioso mampu menjaga posisinya. Selepas start dia sempat turun ke posisi lima, tapi kemudian merangsek ke depan dan berada di urutan kedua hingga separuh balapan.

Setelah terus menempel Maverick Vinales yang memimpin, di putaran ke-14 Dovizioso melewatinya. Sejak saat itu dia hampir tak tersentuh lagi sampai melewati garis finis.

"Hari yang sangat aneh untuk saya, yang paling aneh adalah kemenangannya. Saya sempat tidak punya energi, kami tidak melakoni sesi pemanasan. Untungnya kami tidak harus mencoba sesuatu karena keadaan motor sudah sangat bagus," kata Dovizioso dikutip Motorsport.

"Dan saya tidak punya tenaga juga sebelum balapan, saya sempat takut. Saya takut kehilangan energi selama balapan. Tapi kenyataannya saya mampu melaju cepat dengan cara yang mulus, itu membuat perbedaan besar selama balapan untuk terus bertahan di belakang Maverick."

"10 putaran menuju akhir, saya memutuskan melewatinya tapi tanpa strategi. Dan setelah saya menyadari tak ada satupun pebalap yang punya margin untuk melaju lebih kencang, saya pun fokus pada ritme dan laju saya," imbuhnya.

Kemenangan ini membuat Dovizioso naik ke posisi dua klasemen kejuaraan dunia dengan nilai 79. Dia diapit duo Movistar Yamaha, Vinales dengan 105 poin dan Valentino Rossi dengan 75 angka.

Komentar