Konsekuensi Berantai dari Kesalahan Rossi

Konsekuensi Berantai dari Kesalahan Rossi

Konsekuensi Berantai dari Kesalahan Rossi  

Le Mans - Valentino Rossi pulang dari MotoGP Prancis tanpa poin karena terjatuh. Padahal rider Movistar Yamaha itu sempat bersaing untuk posisi terdepan.

Rossi mengawali balapan di sirkuit Le Mans, Minggu (21/5/2017) malam WIB dari posisi dua. Dia lantas turun ke posisi tiga selepas start dan menjalani sebagian besar balapan di sana.

Di putaran ke-22, Rossi mulai melakukan serangan ke dua pebalap terdepan, mulai dari Johann Zarco dan Maverick Vinales yang memimpin. Di putara ke-23, Zarco terlewati dilanjutkan dengan Vinales tiga lap berikutnya.

Tapi di putaran terakhir, Rossi melakukan kesalahan di tikungan Garage Vert. Dia melebar dan dilewati Vinales. Saat menggeber gas dan berupaya menempel kembali rekan setimnya itu, Rossi malah terjatuh di tikungan 11.

"Di putaran terakhir saya melakukan sebuah kesalahan, jadi Maverick melewati saya. Tapi saya tahu bahwa saya bisa mendapatkan peluang lain karena jaraknya sangat dekat," kata Rossi dikutip Motorsport.

"Saya mencoba untuk tetap berada di posisi itu karena di sektor empat saya bagus dan sejujurnya, apa yang terjadi di insiden itu kami tak memahaminya. Karena biasanya Anda harus berhati-hati dengan bagian depan motor, tapi saya justru kehilangan grip belakang," imbuhnya.

Rossi meyakini peluang untuk kembali melewati Vinales masih terbuka setelah melebar di Garage Vert. Tapi peluang itu pada prosesnya pupus, sementara Rossi agak heran dengan penyebabnya terjatuh.

Meski melebar di beberapa tikungan sebelumnya berpengaruh, tapi ban belakang yang hilang cengkeraman dirasanya tak biasa. Sebab umumnya yang memicu crash musim ini adalah hilangnya grip ban depan, seperti yang terjadi pada Marc Marquez sebelumnya.

"Soal itu, mungkin saya masuk tikungan satu km/jam lebih kencang, tapi itu cukup untuk sebuah kesalahan karena saya kehilangan kontrol dalam pengereman dan melebar," ujarnya.

"Jadi inilah kesalahan besarnya, karena kemudian insiden yang lainnya (jatuh) adalah konsekuensi dari ini. Tapi sejujurnya, terkait jatuh tadi kami mengecek secara mendalam semua data."

"Saya merasa tangguh di sektor terakhir tapi tak merasakan ada banyak hal yang salah, tapi kemudian kehilangan daya cengkeram belakang. Jadi sesuatu pasti terjadi. Tapi saya memang melakukan sejumlah kesalahan sehingga jatuh," tandas Rossi.

Gagal mendapatkan poin membuat Rossi kini menempati posisi tiga klasemen kejuaraan dunia dengan nilai 62. Dia di belakang Vinales (85) dan Dani Pedrosa (68)

Komentar